Kamis, 15 Mei 2014

makanan ringan

ini gambar tentang makanan ringan





RENCANA USAHA

            Nama Usaha                                                :Macam-macam makanan ringan

            Nama Penyusun Rencana Usaha           : ANITA NAFA KARLINA

            Tanggal                                                         :15       MEI     2014
                                                                 
            Alamat                                                            :Ds.wonoanti kec.gandusari kab.trenggalek

            (a) Alamat Kantor ( tempat usaha )           :Ds.wonoanti kec.gandusari kab.trenggalek
                                                                                   
                                                                                    Telp 087755375916/ Fax

                                                                                    E-mail Anita nafa

            (b) Alamat Rumah                                       :RT.05  RW.02.Ds wonoanti kec.gandusari




                                                                                    Telp 087755375916/ Fax

                                                                                    E-mail Anita nafa

                                                                                    Pogalan,15 mei 2014

                                                                                                           Penyusun


                                                                                                
                                                                                                 ( Anita Nafa Karlina )




A.          Deskripsi Usaha Saya


Usaha saya termasuk dalam kelompok :








P
 




 
                  Pembuatan Barang                        Pedagang Eceran                 Layanan Jasa
                  (manukaftur)






 
                  Pertanian                                       Usaha baru                           Usaha yang telah ada

         Saya memilih di bidang eceran menurut saya mudah cara menjualnya,tidak perlu mngemasnya,dan berbagai  aneka makanan ringan

B.           Keterangan Rinci tentang Orang yang Menyusun Rencana Usaha
1. Pengalaman sebelumnya yang relevan (tanggal,bulan,tahun)
 *Saya pernah jualan dari sekolahan:
1.Snack dari Bisnis Center saya jual kembali dilingkungan tempat tinggal saya
2.Dan saya juga berjualan “MADU NUSA”.Madu itu dari sekolahan dan saya jual kembali dilingkungan temat tinggal saya.
*Saya pernah jualan disekolahan:
1.Saya pernah jualan disekolan seperti,es lilin,es buah,dan aneka snack.
2.Saya juga pernahbmenjual buah melon,semanggka dll.
3.Dan saya  pernah menjual berbagai macam snack  
          
         2. Pendidikan dan pelatihan yang telah saya ikuti (tanggal, bulan, tahun)
         Saya dan teman-teman saya belajar menjual dan belajar memfotocopy di “ Bisnis Center”.Tetapi saya  dan teman-teman saya bergantian dalam belajar atau disebut dengan “MAGANG” di “Bisnis Center” itu.Jadi saya lebih bisa mengerti dalam proses penjualan              
C.          Penilaian Terhadap Pasar
1.      Pelanggan saya dapat dideskripsikan (diperkirakan) sebagai berikut :
               Pelanggan saya dapat di prediksikan atau di perkirakan murid murid di sekolah dan penduduk di sekitar rumah saya ,keluarga saya serta teman-teman yang pernah saya kenal
Petani         : 40%
PNS            : 45%
Buruh Tani : 65%
Pengusaha  : 50 %
Serabutan    :10%
2.      Jumlah atau volume (Unit Barang atau Nilai Uang) yang ada di pasar
               jumlah unit barang yang ada di pasar belum terdeteksi
3.      Proyeksi / Perkiraan  masa depan (Pertumbuhan) volume pasar
              
           Semangkin meningkat pertumbuhan penduduk maka kebutuhan  semangkin meningkat.Dan saya perkirakan usaha saya akan lebih maju dan berkembang supaya usaha saya nanti kedepannya akan lebih maju terus dan tidak mengalami kemunduran.

4.      Kekuatan utama pesaing usaha saya adalah
1.Lebih banyak dagangan nya.
2.Harganya lebih murah.
3.Kualitasnya lebih baik.
4.Lebih banyak “TOKO”.
               Kelemahan utama pesaing usaha saya adalah
1.Produk yang dijual kurang berkualitas.
2.Kurangnya berkualitas.
3.Usahanya masih kecil.

D.          Rencana Pemasaran
1.      Produk
Produk, jasa atau jenis-jenis produk
Karakteristik yang penting
Aneka macam makanan ringan
1.”KRIPIK”

2.”COKLAT”

3.”KACANG”

4.”PREMEN”

5.”ROTI”



2.      Harga

Produk, Jasa atau jenis-jenis produk
Harga pabrik (Harga Pokok)
Harga  jual
Harga yang ditawarkan oleh pesaing
Aneka” KRIPIK”  ukuran kecil
Rp.       800,00
Rp.     1000,00
Rp.         900,00
Aneka” KRIPIK” ukuran sedang
Rp.    4.500,00
Rp.    5.000,00
Rp.      4.700,00
Aneka” COKLAT” ukuran kecil
Rp.    5.000,00
Rp.    5.500,00
Rp.      5.300,00
Aneka”COKLAT” ukuran sedang
Rp.  12.000,00
Rp.  12.500,00
Rp.    12.000,00
Aneka” KACANG” ukuran kecil
Rp.    3.000,00
Rp.    3.500,00
Rp      .3.200,00
Aneka” KACANG” ukuran sedang
Rp.    4.000,00
Rp.    4.500,00
Rp.      4.300,00
Aneka “PREMEN” 1 kantong plastik ukuran sedang
Rp.    4.500,00
Rp.    5.000,00
Rp.      4.000,00
Aneka “ROTI” ukuran kecil
Rp.    5.000,00
Rp.    5.500,00
Rp.      5.700,00
Aneka “ROTI” ukuran sedang
Rp.  11.000,00
Rp.  12.000,00
Rp.    11.500,00


















Rabat akan diberikan kepada :

Pembayaran dengan kredit akan diberikan kepada :



NO
Nama Barang
Ukuran
Jumlah
Harga
Harga Pesaing
Jumlah Harga
1.
Kripik
Kecil
72
Rp.1.000,00
Rp.900,00
Rp.72.000,00
2.
Kripik
Sedang
60
Rp.5.000,00
Rp.4.700,00
Rp.300.000,00
3.
Coklat
Kecil
40
Rp.5.500,00
Rp.5.300,00
Rp.220.000,00
4.
Coklat
Sedang
30
Rp.12.500,00
Rp.12.000,00
Rp.375.000,00
5.
Kacang
Kecil
70
Rp. 3.500,00
Rp.3.200,00
Rp.245.000,00
6.
Kacang
Sedang
65
Rp.4.500,00
Rp.4.300,00
Rp.292.500,00
7.
Premen
Sedang
70
Rp.5.000,00
Rp.4.000,00
Rp. 350.000,00
8.
Roti
Kecil
65
Rp.5.500,00
Rp. 5.700,00
Rp. 357.500,00
9.
Roti
Sedang
35
Rp.12.000,00
Rp.11.500,00
Rp.420.000,00







3.      Tempat

a.  Keterengan rinci tentang tepat usaha (yang direncanakan)
Alamat
Luas lantai (m2)
Menyewa atau biayanya

Ds.Wonoanti Kec.Gandusari Kab.Trenggalek

7 x 5 = 35
Tidak menyewa

b.      Alasan memilih tempat ini :
Karena lokasinya luas dan dekat dengan pemukiman penduduk serta nyaman  dan bisa dijangkau oleh masyaraka
c.       Cara pendistribusian barang (pilih salah satu)
Saya akan menjual produk atau jasa saya kepada :








P
 




 
                              Langsung ke pelanggan                         Pengecer                      Grosir

d.      Alasan memilih cara pendistribusian tersebut :
Alasan saya memilih bidang pengecer  menurut saya akan lebih mudah cara menjualnya dan tidak perlu membeli bahan dan tidak perlu membuat jadi tinggal kita kulakan dan menjual nya kembali.           

4.      Promosi dan iklan

Jenis Promosi
Perkiraan Biaya Promosi
Lewat mulut ke mulut
                                   -
Membuat “SPANDUK”
Kurang lebih Rp.20.000,00
Mempromosikan di “RADIO”
Kurang lebih Rp.50.000,00











E.           Organisasi Perusahaan
1.      Usaha saya akan didaftarkan sebagai :





P
 



 
                        Usaha kepemilikan tunggal                                               Koperasi
                       
                        Kemitraan                                                                         Usaha Kelompok






 
                        Perusahaan                                                                        Lain-lain

2.      Nama Perusahaan yang saya rencanakan

”TOKO BAROKAH”

Alasan memilih Nama Perusahaan yang saya rencanakan tersebut :
Karena dekat dengan pemukiman penduduk dan banyak teman-teman saya yang ada disekolahan.Karena banyaknya masyarakat sehingga usaha yang saya dirikan bisa berjalan dengan lancar dan mendapat keuntungan yang maksimal.

3.      Susunan personalia/karyawan di perusahaan saya adalah sebagai berikut. (Lampirkan struktur organisasi dan uraian tugas)

N  a  m  a
Jabatan
(Tugas Pokok dan Fungsi)
Gaji per bulan
IKE SULASTRI
Memasang Harga
Ro.300.000,00
KARTINI
Memasokkan ke tempat seperti,sekolahan,ke pedagang pengecer kecil dll
Rp.500.000,00
LIYA SALIYA
Bekerja di toko tertentu
Rp.450.000,00













4.      Ijin usaha dan sertifikat usaha yang akan diminta (terlampir)

Jenis ijin usaha/sertifikat


Perkiraan biaya pengurusannya




















5.      Tanggung jawab perusahaan (asuransi,kompensasi karyawan, pajak)

Jenis tanggung jawab


Perkiraan biaya























Tidak ada komentar:

Posting Komentar